Stories

Bagaimana Cara Membeli Cincin Tunangan? Begini Tipsnya!

Bagaimana, ya, cara membeli cincin tunangan yang tepat? Pertunangan adalah salah satu momen berharga dalam hidup. Tentu sudah selayaknya momen tersebut diisi dengan kenangan spesial yang tak terlupakan. Jadi, pastikan cincin tunangan yang Anda siapkan memang sesuai dengan keinginan pasangan, ya. Agar tidak salah pilih, yuk simak cara membeli cincin tunangan yang tepat berikut!

Tetapkan Budget

Pertama-tama, Anda harus menetapkan budget dulu. Harga cincin tunangan sangat bervariasi, ada yang berharga jutaan rupiah, puluhan juta, bahkan bisa ratusan juta. Nah, agar pengeluaran tidak membengkak, pastikan Anda sudah menetapkan budget yang sesuai dengan kantong.

Ada satu tips yang bisa Anda ikuti, yaitu menetapkan budget cincin tunangan senilai gaji satu bulan. Artinya, budget yang dikeluarkan untuk cincin tunangan ada pada kisaran gaji satu bulan. Walau begitu, Anda tidak harus mengikuti saran ini. Tetapkan budget yang paling sesuai dengan kemampuan finansial dan tentunya selera pasangan,

10-AGZ-4538-edited-1-1

Pelajari Standar dan Sertifikasi Berlian

Tips berikut ini harus Anda perhatikan baik-baik. Untuk mendapatkan cincin tunangan yang tepat, Anda perlu tahu standar dan sertifikasi berlian. Coba pelajari bagaimana cara mengetahui kualitas berlian cincin tunangan sebelum memilihnya. Anda bisa berpatokan pada 4C rules dan light performance.

4C adalah cut, color, clarity, dan carat. Cut di sini berarti proporsi, simetri, ukuran, dan sudut penempatan berlian. Faktor ini bisa mempengaruhi refleksi cahaya pada berlian. Semakin bagus kualitas berlian maka semakin bagus juga kemilaunya. Sedangkan color berarti warna yang menempel pada berlian. Berlian berkualitas tinggi umumnya tidak memiliki warna. Poin clarity berarti kejernihan yang dinilai dari ada tidaknya cacat pada berlian. Poin terakhir yang harus diperhatikan adalah carat. Satu karat berlian setara dengan 200 mg.

Sementara itu, hanya berlian pilihan saja yang memiliki sertifikat light performance. Seperti berlian MEC Ultimate yang ada di jeweler Mondial yang sudah melalui uji light performance dari Sarine Technology Lab. Bahkan, berlian MEC Ultimate merupakan berlian pertama di dunia yang kualitasnya melampaui berlian GIA Triple Excellent.

16-Mondial-Jan-Feb-0035-edited-fin-1-1

Cari Tahu Wish List Cincin Tunangan Pasangan

Tidak ada cincin tunangan terbaik selain cincin tunangan yang sesuai dengan ekspektasi. Nah, agar cincin tunangan pilihan Anda cocok dengan ekspektasi pasangan, coba cari tahu soal wish list cincin impiannya. Perhatikan jenis perhiasan yang sering ia pakai. Apakah ia suka model klasik atau justru model yang bold atau klasik? Apakah lebih suka perhiasan white gold atau gold? Cobalah untuk memperhatikan detail-detail kecil seperti ini untuk mengetahui seperti apa selera pasangan Anda. Jangan lupa juga untuk mencari tahu ukuran diameter jari manis pasangan, ya!

Pilih Retailer Perhiasan yang Tepercaya

Sekarang, waktunya memilih retailer perhiasan berlian. Sekarang ini ada banyak sekali retailer perhiasan, namun untuk memberi yang terbaik bagi pasangan, sebaiknya Anda tidak salah pilih. Pastikan untuk memilih retailer perhiasan yang tepercaya yang hanya menjual berlian asli berkualitas. Pilihlah retailer dengan reputasi terbaik di Indonesia yang menawarkan garansi adalah Mondial.

Mondial menawarkan koleksi cincin tunangan dan beragam perhiasan lain dengan kualitas terbaik. Seluruh perhiasan Mondial telah melalui sertifikasi dari Gemological Institute of America (GIA) yang merupakan otoritas berlian terkemuka di dunia.

Pilih Logam dan Bentuk Permata yang Paling Sesuai

Terakhir, Anda juga harus memperhatikan logam serta bentuk permata pada cincin tunangan yang dipilih. Pastikan cincin tunangan pilihan Anda memang sesuai dengan karakter pasangan. Bentuk permata pada cincin sangat beragam, ada bentuk round, oval, emerald, hingga princess. Bentuk round merupakan bentuk permata yang paling populer karena memancarkan kilau yang indah. Jika Anda merasa round kurang cocok untuk pasangan, ada juga bentuk oval. Ciri khas dari bentuk oval adalah bentuknya yang agak memanjang. Bentuk permata ini cocok untuk mereka yang memiliki jari pendek.

Namun, jika pasangan Anda cenderung menyukai gaya klasik atau vintage, bentuk emerald bisa dipilih. Bentuk ini benar-benar menonjolkan tampilan berlian pada cincin. Nah, rekomendasi terakhir adalah princess yang berbentuk persegi. Model ini klasik namun tetap terkesan modern, cocok untuk mereka yang suka dengan perubahan namun tetap mempertahankan tradisi.

Itulah cara membeli cincin pertunangan yang tepat. Semoga Anda bisa mendapatkan cincin tunangan yang bukan hanya indah namun benar-benar bermakna bagi pasangan. Masih bingung menentukan mana cincin yang tepat? Anda bisa coba cek virtual shop Mondial di Instagram TV akun @mondialjeweler dan temukan beragam promo menarik di dalamnya!