Stories

Ketahui Makna & Filosofi Cincin Nikah sebagai Lambang Sakralnya Pernikahan

nc-jbk

Cincin nikah merupakan simbol suci cinta dua insan yang sah untuk mengikat janji dalam perkawinan. Cincin nikah emas bertabur berlian tak hanya sebagai perlambang ikatan pernikahan, tapi juga mempunyai makna dan filosofi mendalam bagi kedua pasangan. Inilah yang membuat cincin tersebut begitu spesial, sebagai benda tidak ternilai dan sangat berharga. Lantas, apa saja makna filosofi cincin nikah sebagai lambang sakralnya pernikahan? Berikut beberapa ulasan terkait filosofi cincin kawin dari sisi sejarahnya.

Makna dan Filosofi Cincin Nikah dalam Sejarah

1. Sebagai simbol kepemilikan

Menurut filosofi Romawi zaman dahulu, cincin ternyata bukan sebagai simbol cinta, melainkan simbol kepemilikan. Saat seorang wanita mendapatkan cincin dari pria, maka pria Romawi tersebut dapat mengklaim wanita itu miliknya.

Sebelum mengenal emas, bangsa Romawi menggunakan besi sebagai cincin yang dikenal dengan 'Anulus Pronubus' atau Cincin Pengantin. Tradisi kekaisaran Romawi yang masih sangat kental membuat cincin pengantin ini digunakan dalam ritual perkawinan agama Kristen. Gereja juga memasukkan tradisi penyematan cincin kawin dalam tata ibadah pernikahan.

Orang Romawi juga yang pertama kali membuat ukiran pada cincin dengan bentuk dua tangan saling menggenggam, atau dikenal dengan Fede Ring.

2. Sebagai simbol pernikahan abadi

Beberapa orang percaya bahwa pertukaran cincin dalam momen pernikahan berasal dari budaya Mesir Kuno yang dilakukan sejak 4.000 SM. Saat itu, budaya tukar cincin dilakukan bangsa Mesir Kuno walau hanya menggunakan semak dan alang-alang sebagai simbol cincin nikah di jari.

Bentuk lingkaran pada cincin memiliki filosofi yang mendalam untuk Mesir Kuno. Lingkaran dianggap sebagai simbol tanpa akhir, merepresentasikan persatuan dalam pernikahan yang abadi. Selain itu, lubang di tengah cincin berarti pintu terhadap suatu peristiwa. Memberi cincin kepada seorang wanita menyimbolkan cinta yang tak kenal akan berakhir.

Itulah makna filosofi cincin nikah sebagai simbol cinta yang sah dalam perkawinan. Berbicara mengenai cincin kawin, #MONDIAL memiliki koleksi cincin nikah emas bertabur berlian dalam seri Wedding Ring Forget Me Not dengan keindahan kilau berlian yang sempurna. Bila Anda mencari koleksi cincin nikah bernuansa White Gold dengan berlian, ini adalah pilihan sempurna untuk melengkapi momen bahagia Anda dan pasangan yang mengikat janji pernikahan.

Wedding Ring Forget Me Not merupakan rangkaian cincin nikah mewah bertatahkan berlian sebagai lambang sakral pernikahan. Seri cincin nikah emas dengan berlian ini terdiri dari tiga bundling cincin, yakni cincin nikah pria men’s wedding ring, ladies wedding ring, dan ladies engagement ring yang menawan.

jdcg

Keindahan Cincin Nikah dalam Koleksi Forget Me Not MONDIAL

Koleksi Cincin Berlian MONDIAL yang Bisa Dijadikan Hadiah Pernikahan Istimewa

Pernikahan tak lengkap tanpa hadiah istimewa yang penuh makna. Untuk Anda, para pria yang berencana memberi hadiah pernikahan untuk kekasih, koleksi cincin berlian bertajuk #AzureCollection dari MONDIAL bisa jadi hadiah pernikahan teristimewa dengan keindahan batu safirnya yang semakin menunjukkan #alliwantismondial.

Azure Collection adalah rangkaian perhiasan bertabur berlian dan safir biru yang sempurna untuk melengkapi momen selebrasi. Dirancang untuk menciptakan sisi keanggunan yang ramping dan anti-tradisional setiap wanita yang melambangkan kekayaan dan kecanggihan. Karakteristik desainnya terinspirasi dari Art Deco dengan kekaguman terhadap kerapian geometris, garis-garis tepat yang percaya diri, sudut tajam, efek keramik, dan pola linier berulang.

Koleksi kali ini menggunakan safir biru yang diyakini menarik kesejahteraan, berkah, dan karunia. Blue sapphire juga begitu ikonik sebagai simbol cinta di kerajaan Inggris. Cincin pertunangan dengan batu safir biru 12 carat yang diberikan Pangeran Charles ketika melamar Lady Diana menjadikan blue sapphire sangat populer sebagai simbol cinta dan kemewahan sejak dahulu.

Salah satu koleksi cincin di #AzureCollection dari MONDIAL yang sempurna untuk jadi hadiah yakni cincin berbalut 44 butir round sapphire dengan desain berbentuk lingkaran.

kdsj

Hadiah Cincin Nikah untuk Pasangan dengan Batu Safir Azure Collection

Opsi lainnya, Anda bisa memilih cincin dengan desain bentuk geometri yang khas ala Art Deco yang menampilkan keindahan round dan baguette sapphire berikut. 

azzure-coll-3

Cincin Berlian dengan Safir Biru yang Menawan

Selain koleksi Azure, Anda juga bisa memilih koleksi perhiasan berlian MONDIAL lainnya  seperti Gala Collection. Memiliki bentuk menyerupai kipas, dengan fancy shape diamond yang terdiri dari pear, marquise, dan baguette shape. Salah satunya pada cincin berlian mewah ini yang sudah pasti menunjang penampilan setiap wanita yang berani tampil #ImDifferent!

ring-kipas

Keunikan Cincin Gala Collection Berbentuk Kipas

Anda juga bisa menjadikan koleksi MONDIAL Dreams sebagai pilihan hadiah pernikahan yang spesial. Seri ini membuat tiap wanita merasa berharga dengan pancaran kilau berlian terbaik yang didesain mewah dan eksklusif. Salah satunya pada desain cincin berbentuk spiral dengan berlian berpotongan round, pear, dan marquise berikut ini.

mondial000000

Kemewahan Cincin Berlian MONDIAL Dreams untuk Hadiah Pernikahan

Rayakan Akhir Tahun dengan Exclusive Gift dari MONDIAL!

Memeriahkan gifting season di akhir tahun, Anda berkesempatan mendapat keuntungan berlipat berupa hadiah liontin berlian dari MONDIAL. Liontin berlian dengan desain khas #ImDifferent bisa didapatkan sebagai hadiah Exclusive Gift, untuk pembelian perhiasan Anda di butik MONDIAL sesuai ketentuan berlaku.

cskb

Hadiah Liontin Berlian Bentuk Pita dari MONDIAL

Hadiah liontin berlian dengan design berbentuk pita, bertabur 47 butir berlian dan 20 safir biru yang sangat atraktif. Ada pula liontin berlian yang unik dengan desain berbentuk angsa yang tak kalah menawan. Liontin dengan emas 2,471 gram ini dilengkapi dengan kilauan 11 butir diamond yang begitu memesona.

akh

Liontin Berlian Menawan Bentuk Angsa Spesial dari MONDIAL

Anda bisa melihat keindahan koleksi perhiasan mewah, mulai dari cincin nikah dalam Wedding Ring Forget Me Not hingga perhiasan berlian dengan batu safir menawan Azure Collection di butik MONDIAL terdekat. Untuk mengetahui koleksi perhiasan berlian lainnya dari MONDIAL, Anda bisa mengunjungi website resmi MONDIAL dan follow Instagram @mondial!

 

#Mondial

#ImDifferent

#AzureCollection

#alliwantismondial