Stories

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Cincin Kawin Favoritemu

Hingga detik ini belum ada yang dapat menggantikan peran sepasang wedding ring atau cincin kawin sebagai wadah yang menuangi janji suci sebuah pernikahan. Berfungsi sebagai simbol yang melingkar di jemari seseorang menunjukkan bahwa statusnya tak lagi single, juga sebagai pengingat bagi yang mengenakannya didalam keadaan apapun dengan segala perubahan hingga waktu yang tak terhingga dia akan terus membawa janji suci yang sama sejak diucapkan oleh pasangannya dan memasangkan cincin di jari manis.

Biasanya cincin kawin dibeli satu kali seumur hidup dan dikenakan untuk selamanya atau secara terus menerus, dalam artian bukan untuk dijual. Bahkan ketika mengalami perubahan size pada jari biasanya retailer atau toko perhiasan akan memberikan pelayanan purna jual untuk merubah ukuran cincin secara cuma-cuma atau gratis sehingga cincin tersebut dapat terus dikenakan. Maka memilih cincin kawin haruslah selektif, jangan sampai pasangan membeli cincin dengan harga yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kualitas, atau bisa juga karna mengejar harga yang sangat murah akan tetapi tidak mendapatkan pelayanan purna jual yang semestinya.

Karna cincin kawinmu akan dikenakan seumur hidup maka kamu patut pertimbangkan 3 hal penting dibawah ini sebelum memutuskan untuk memilih sesuai kantongmu:

  1. Material Cincin

Idealnya material cincin kawin menggunakan bahan yang tidak cepat usang atau tergores, memiliki daya tahan sangat panjang dan dapat diterima oleh kulit manusia yang memiliki sensitifitas berbeda. Material seperti perak, emas, hingga platinum merupakan logam yang cocok dikenakan sebagai bahan perhiasan khususnya sebagai cincin pernikahan.

 

Perak

Pada dasarnya perak merupakan logam yang mudah berubah warna dan tergores, untuk dijadikan cincin perak harus dilapisi oleh rhodium supaya daya tahannya lebih panjang. Cincin dengan material perak sangat bersahabat dikantong dibandingkan material lainnya sehingga banyak pasangan memilih cincin perak untuk menjadi simbol janji suci pernikahan mereka.

Wedding-Ring-Rose-Gold

Emas

Merupakan material cincin atau perhiasan yang paling banyak ditemui, dengan kandungan kadar emas sebesar 9 – 18 karat. Selain dari berat emasnya, semakin besar karatnya juga mempengaruhi harga cincin atau perhiasan tersebut menjadi semakin tinggi. Perhiasan atau cincin emas untuk pernikahan umumnya hadir dengan pilihan warna yaitu emas kuning, emas merah muda, dan emas putih.

Veramore-Platinum-Wedding-Ring-Collection

Platinum

Material cincin menggunakan platinum kini mulai banyak diminati. Platinum memang memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan emas dan material cincin lainnya, karna Platinum merupakan logam yang paling kuat dan tahan lama terhadap korosi, tidak menyebabkan alergi, dan memiliki warna putih alami sehingga biasanya cincin dengan material platinum memiliki kandungan platinum itu sendiri sebesar 95% – 100% tanpa adanya bahan campuran lainnya.

 

  1. Batu Permata sebagai mata cincin

Banyak pasangan yang menyukai cincin kawin yang simple, sehingga kalaupun menggunakan batu permata mereka tetap memilih cincin yang tidak rumit dan mencolok. Batu permata untuk cincin kawin biasanya menggunakan batu berlian berbentuk bulat atau round cut dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar wedding ring tetap terlihat simple, elegan, dan nyaman dikenakan sehari-hari. Ketika wedding ring berhiaskan batu permata (berlian) harganya sudah pasti menjadi lebih tinggi tergantung dari besaran berliannya. Namun yang pasti cincin berlian adalah lambang cinta abadi, jadi logikanya janji suci yang tertuang didalam cincin kawin bermata berlian akan terasa sangat pas kita pakai seumur hidup.

 

  1. Waktu dan Tempat untuk membeli Cincin Kawin

Sebelum memutuskan membeli sepasang cincin yang akan dijadikan simbol cinta kamu dan pasangan, pastikan kamu sudah melakukan survey ke beberapa rumah perhiasan dan pelajari perbedaan antara satu dan lainnya sehingga akan memudahkan untuk menentukan pilihanmu. Berkunjunglah ke wedding exhibition atau jewellery fair yang diadakan. Pada masa pandemi mungkin mereka mengadakannya secara online dimarketplace, kamu bisa mencari tau dengan mengunjungi website-website marketplace atau akun instagram gerai perhiasan yang ingin kamu lihat. Pada event seperti pameran biasanya retailer / gerai perhiasan memberikan promo dengan harga spesial ataupun paket cincin kawin yang digabung dengan penawaran menarik lainnya. Perlu dipertimbangkan juga untuk menentukan pilihanmu ketika mengunjungi pameran karena pada saat itulah kamu bisa melihat begitu banyak koleksi wedding ring yang terpajang disatu tempat bersamaan, dengan begitu akan memberikan efisiensi waktu sehingga memudahkan untuk menentukan cincin mana yang tepat untuk kalian berdua.   

 

Buat kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan dan mencari cincin kawin, beragam pilihan wedding ring promo selalu tersedia di Miss Mondial, kamu bisa melihat semua koleksinya dengan harga sepasang cincin kawin promo mulai dari Rp. 7,499,000 dan penawaran menarik lainnya yang kamu bisa cek disini.